SMM Panel Terbaru

Karier di Media Sosial: Panduan Ultimate [2022]

Karier di media sosial selalu dalam permintaan besar karena media sosial memainkan peran penting dalam cara orang berinteraksi, berbagi informasi, belajar, berpengaruh, dan melakukan sebagian besar komunikasi mereka. Platform media sosial yang beragam tersedia untuk pengguna memungkinkan bukan hanya individu tetapi juga perusahaan untuk terlibat dan terhubung dengan audiens mereka.

Tetapi, sementara kita mengalami booming dalam pekerjaan pemasaran dan media sosial digital, apa yang dipegang di masa depan bagi kita? Mari kita jelajahi masa depan media sosial dan beberapa peluang karir media sosial yang tersedia untuk Anda.

Apa pentingnya media sosial pada tahun 2020?
1. Merek membutuhkan media sosial untuk berada di tempat pelanggan mereka!
Menurut Statista, ada 3 miliar pengguna media sosial di seluruh dunia, yang hampir 50% dari populasi global. Juga dianalisis bahwa rata-rata orang menghabiskan 2+ jam setiap hari pada jaringan sosial dan aplikasi perpesanan. Dengan demikian, menjadikannya integral untuk merek untuk merancang strategi bisnis yang menggabungkan pemasaran media sosial. Tidak heran kalau karier di media sosial selalu mendapat perhatian.

 

Sementara jumlah pengguna global dan jumlah waktu yang dihabiskan adalah satu hal, ada alasan kritis lain mengapa merek percaya media sosial sangat penting. Alasannya adalah: kehadiran audiens target mereka!

Menurut sebuah studi oleh Emarketer pada tahun 2019, pengguna media sosial aktif sesuai kelompok usia mereka adalah sesuatu seperti:

90,4% dari milenium
77,5% dari generasi x
48,2% dari baby boomer
2. Krisis telah meningkatkan penggunaan media sosial!
Pentingnya media sosial selalu tinggi, mengingat statistik ini. Namun, pandemi Covid-19 telah mengambil pentingnya media sosial dari integral ke esensial. Dengan norma dan perusahaan penistaan ​​sosial yang berjuang dengan saluran pemasaran lainnya untuk berhasil menjangkau audiens target, media sosial dan pemasaran digital adalah satu-satunya pilihan yang paling banyak.

Meskipun, itu bukan hanya dunia bisnis dan mereka yang berkarir di media sosial yang memperhatikan. Pengguna sehari-hari menghabiskan banyak waktu online bukan hanya untuk hiburan tetapi juga belajar, bekerja, atau tetap diperbarui.

Sumber

Analisis perilaku media sosial dan penggunaan sejak pandemi showcases:

Lonjakan tingkat keterlibatan: Hampir setiap saluran media sosial telah melihat 15-20% dalam posting, sementara keterlibatan untuk posting telah meningkat lebih dari 61% menurut survei terhadap 25.000 konsumen. Penggunaan perpesanan di Facebook, Instagram, dan WhatsApp naik hampir 50%, sedangkan Twitter melihat kenaikan 23% pada pengguna harian dibandingkan tahun lalu. Orang pasti beralih ke media sosial di zaman-waktu yang penuh tekanan ini, dan ini membuat penting bagi bisnis untuk aktif dan memberikan dukungan kepada pelanggan mereka melalui pemasaran media sosial.
Penggunaan saluran digital untuk mendidik: Sejak krisis, orang-orang bekerja dari jarak jauh, dan ini membutuhkan sejumlah besar kerja independen. Jika pengguna mengalami masalah, kemungkinan pengguna menjangkau media sosial untuk menyelesaikan kueri yang terselesaikan lebih tinggi sekarang lebih dari sebelumnya. Ini telah menyebabkan pemasar media sosial menciptakan lebih banyak konten yang dalam bentuk tutorial, panduan, kiat, dan spesifik untuk masalah pelanggan.
Peningkatan kandungan fana: cerita semakin populer dan telah menjadi bagian bukan hanya dari Instagram, Facebook, dan Snapchat, tetapi juga telah diadopsi oleh Twitter, menyebut fitur ini ‘Armada.’ Pengguna lebih cenderung melihat posting di Formulir Efemeral (tersedia untuk waktu yang singkat, biasanya 24 jam) dibandingkan konten permanen dalam bentuk posting media sosial. Bagi mereka yang ingin menjelajahi karir di media sosial, memiliki kemampuan untuk menciptakan konten visual dan langsung yang luar biasa sangat penting.
Penggunaan smartphone telah meningkat: smartphone perlahan-lahan mengambil alih desktop untuk menjadi saluran konsumsi utama untuk media sosial. Penelitian menunjukkan bahwa sekitar 96% pengguna mengakses Facebook dari ponsel cerdas mereka, sementara 75% dari video YouTube ditonton di perangkat seluler. Peningkatan popularitas platform media sosial yang sepenuhnya aplikasi seluler seperti Tik Tok, Snapchat, dan Instagram adalah bukti dari ini.
Konten video sangat menarik: Video adalah hal besar berikutnya, karena pengguna lebih cenderung menonton video daripada membaca artikel panjang dengan topik yang sama. Konten video memiliki konversi dan dampak yang lebih tinggi, dan ini dapat dilihat dengan popularitas video tidak hanya di YouTube tetapi juga di Facebook, Instagram, dan platform lainnya.

 

Apa peran pekerjaan di media sosial?
Faktor-faktor tersebut, seperti yang disebutkan di atas, terutama berkontribusi pada boom dalam peluang karir media sosial, karena perusahaan membutuhkan orang yang dapat membantu mengelola dan meningkatkan kehadiran media sosial mereka. Ini bukan hanya agen pemasaran yang sekarang membutuhkan media sosial, tetapi bahkan startup, perusahaan, nirlaba, dan lembaga pemerintah berburu orang yang berbakat dan paham sosial. Ini telah membuat karier di media sosial yang menguntungkan dan sangat diminati bahkan pada saat krisis.

1. Manajer Media Sosial
Sumber

Seperti yang disarankan judul, manajer media sosial adalah seseorang yang mengelola setiap kegiatan untuk perusahaan atau individu yang terkait dengan media sosial. Karier di media sosial membutuhkan pengetahuan yang baik tentang beberapa platform online, tetapi manajer bertanggung jawab langsung atas penciptaan, pembaruan, dan reaksi semua kegiatan media sosial.

Beberapa keterampilan kritis yang diperlukan untuk menjadi manajer media sosial adalah:

Keterampilan dan kelancaran komunikasi yang sangat baik terutama dalam bahasa Inggris, karena ini adalah bahasa yang paling banyak digunakan secara online.
Kemampuan untuk memahami dan memantau metrik media sosial.
Pengembangan strategi merek untuk media sosial.
Rezeki dan generasi lead atau lalu lintas masuk.
Pemahaman yang tepat tentang produk dan layanan halaman yang mereka anggap dapat mempublikasikan konten yang relevan, asli, dan berkualitas tinggi.
Pengetahuan tentang alat media sosial untuk merencanakan dan menjadwalkan promosi pos.
Pengetahuan yang sangat baik tentang iklan media sosial dan kemampuan untuk berhasil melaksanakan kampanye iklan berdasarkan tujuan yang ditentukan.
Kemampuan untuk mengintegrasikan pemasaran media sosial dengan saluran pemasaran lainnya (pemasaran konten, email, pemasaran digital, cetak, SEO).

 

2. Analis Media Sosial
Data sangat penting, dan ini benar bahkan ketika datang ke media sosial. Sementara sebagian besar analitik dan pelacakan dasar dilakukan oleh manajer media sosial dan tim pemasaran, beberapa organisasi memiliki pakar khusus untuk tujuan ini. Analis media sosial terutama diperlukan untuk memantau inisiatif media sosial perusahaan dan memberikan wawasan mendalam untuk menciptakan pendekatan holistik.

Posisi ini adalah salah satu perkembangan baru-baru ini dalam peluang karir media sosial, karena merek baru menyadari pentingnya metrik media sosial, kesadaran merek, dan efektivitas pemasaran digital.

Keterampilan utama yang diperlukan untuk menjadi analis media sosial adalah:

Pengetahuan yang kuat tentang analitik dan pemahaman metrik utama yang harus dilacak untuk membuat laporan tentang lalu lintas media sosial.
Keakraban dengan strategi SEO dan media sosial untuk mengoptimalkan kata kunci dan konten.
Pengetahuan tentang alat analisis media sosial (Google Analytics, Buffer, Hootsuite, dan lainnya).
Pemahaman mendalam tentang alat analitik untuk analisis terperinci dan data berderak.
Kemampuan untuk bekerja dengan tim lain dan keterampilan multitasking.

 

3. Manajer Komunitas Media Sosial
Jika Anda hebat dengan keterlibatan media sosial dan menciptakan konten viral, ada beberapa peluang karir media sosial seperti menjadi manajer merek atau manajer komunitas. Meskipun ini mungkin tampak sangat mirip dengan judul pekerjaan manajer media sosial, ada beberapa perbedaan mencolok.

Manajer Media Sosial Manajer Komunitas / Duta Merek
Bertanggung jawab untuk membuat posting yang merupakan suara merek dan diposting pada profil media sosial resmi merek. Bertanggung jawab untuk mempublikasikan merek atau perusahaan di masyarakat menggunakan saluran media sosial mereka sendiri.
Itu menulis respons dan menciptakan keterlibatan sebagai suara merek. Ini menciptakan keterlibatan dalam komunitas untuk membantu mempromosikan merek secara tidak langsung.
Tidak dapat memiliki pendapat individu dan harus menulis dengan mempertimbangkan totalitas merek. Ini memiliki pendapat individu tetapi yang sejalan dengan citra merek dan dapat membantu menciptakan keterlibatan yang positif untuk merek.
Mengkomunikasikan pesan merek dari dalam. Advokat pesan merek dari luar batas organisasi dengan menjadi bagian dari kelompok audiens komunitas / target.
Seperti yang dapat Anda lihat dari perbedaan, manajer komunitas media sosial memerlukan keahlian unik sambil menjadi bagian dari strategi pemasaran digital secara keseluruhan untuk organisasi.

Manajer masyarakat dan manajer media sosial sering melapor ke kepala pemasaran global atau CMO (Chief Marketing Officer) dan memiliki target yang sama tetapi dengan pendekatan yang berbeda.

Beberapa keterampilan penting yang diperlukan untuk menjadi manajer komunitas media sosial adalah:

Pemahaman yang kuat tentang komunitas atau target audiens untuk dapat berbaur dengan mereka.
Pengetahuan yang baik tentang branding media sosial untuk dapat mengkomunikasikan pesan ini secara efektif dalam kapasitas individu.
Keterampilan interpersonal untuk mengadakan percakapan dan berinteraksi dengan masyarakat.
Kemampuan untuk membuat konten menarik yang membuat komunitas tertarik pada produk atau layanan merek.
Penyelarasan dengan strategi merek dan pemahaman Analytics untuk dapat melakukan tindakan yang sesuai dengan persyaratan.
Peluang Karir Pemasaran & Media Sosial Lainnya
Sementara manajer media sosial dan analis adalah beberapa peran pekerjaan khas di lapangan, ada beragam tanggung jawab dan spesialisasi di daerah tersebut.

Media sosial biasanya merupakan bagian dari fungsi pemasaran secara keseluruhan dan dapat memiliki beberapa judul pekerjaan berikut juga, seperti:

Copywriter
Ambassador Merek
Blogger
Manajer Hubungan Masyarakat
Manajer Pemasaran Digital
Ahli strategi media sosial
Konsultan Media Sosial
Hubungan Masyarakat & Strategi Media Sosial
Direktur Pemasaran & Media Sosial
Chief Marketing Officer.
Yang merupakan keterampilan penting yang diperlukan untuk memulai karier di media sosial?
Sementara memulai karir di media sosial, seseorang harus memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diinginkan untuk ACE peran.

Setiap peran memiliki persyaratan unik, tetapi secara keseluruhan, karier di media sosial akan membutuhkan beberapa keterampilan penting seperti:

Menguasai platform dan alat: karier di media sosial membutuhkan keakraban dan penguasaan di beberapa platform dan alat media sosial terkemuka. Sementara platform bervariasi dengan setiap organisasi, seseorang perlu mengetahui alat seperti HootSuite, Hubspot, Buffer, Google Analytics, dan lainnya untuk dapat membuat dan mengelola posting media sosial secara efektif.
Fasih berbahasa dalam komunikasi Anda: Mungkin ada saat-saat ketika copywriter atau individu khusus dapat membantu dengan pembuatan konten, tetapi sebagian besar interaksi masih beristirahat dengan spesialis media sosial. Ini membutuhkan keterampilan komunikasi yang kuat dan kelancaran dalam bahasa. Juga perlu bahwa orang-orang dalam peran ini memahami apa yang merek lakukan dan memiliki pemahaman mendalam tentang produk dan layanan yang sedang dipasarkan.
Mengetahui Media Sosial dan Analisis Pemasaran: Media Sosial lebih dari sekadar memposting konten atau interaksi, memerlukan pendekatan strategis yang dilacak menggunakan media sosial dan metrik pemasaran. Memiliki pemahaman tentang metrik ini dan bagaimana mereka berdampak pada tujuan keseluruhan sangat penting untuk karir di media sosial.
Kemampuan untuk berpikir secara strategis: terakhir, untuk memajukan peran, seseorang membutuhkan visi strategis tentang bagaimana media sosial dapat diungkit secara efektif untuk memungkinkan pemasaran dan generasi utama secara keseluruhan. Ada beberapa peluang karir media sosial untuk dipilih, tetapi setiap peran membutuhkan visi strategis untuk dapat meningkatkan tangga.

 

Gaji dan persyaratan rata-rata
Rata-rata gaji level junior rata-rata tingkat senior
Rs. 5+ Lakh Rs. 14 lakh
Sumber

Meskipun ada beberapa aliran dan spesialisasi dalam peluang karir media sosial, manajer media sosial adalah posisi pekerjaan umum di sebagian besar perusahaan. Gaji dapat berkisar antara antara $ 37.000 hingga $ 72.000 sesuai perkiraan oleh Glassdoor, dengan upah rata-rata sekitar $ 50.000. Gaji yang dapat dihasilkannya bergantung pada perusahaan, lokasi, dan pengalaman kandidat.

Terlebih lagi, jika Anda beralih dari Manajer Media Sosial untuk mendiversifikasi dalam peran sebagai pemasar digital, seseorang dapat berharap mendapatkan sekitar $ 61.000 sebagai gaji pokok yang diberi prospek dan keterampilan kerja yang mengesankan. Jadi, jika Anda ingin menjelajahi karier di media sosial atau pemasaran digital, penting untuk melacak setiap platform media sosial dan mendapatkan kombinasi unik dari keterampilan analitis dan kreatif.

Kesimpulan
Jelajahi program yang akan membantu Anda mendapatkan berbagai keterampilan pemasaran digital dan spesialisasi seperti pemasaran konten, branding, pemasaran media sosial, hubungan masyarakat, dan analitik pemasaran untuk siap bekerja. Untuk pelajar serius, sertifikasi pascasarjana pascasarjana upgrade dalam pemasaran digital dan komunikasi adalah pilihan ideal.

Sertifikasi, yang juga bekerja sama dengan Mica School of Gagasan menyediakan kurikulum berorientasi pada hasil di media sosial dan pemasaran digital dengan pengalaman belajar mandiri dan langsung dari 20 alat.

Untuk memulai karir Anda dalam pemasaran digital dan menemukan peluang karir media sosial yang luar biasa untuk memenuhi prospek masa depan Anda, mengeksplorasi lebih banyak tentang sertifikasi. Anda juga dapat menjelajah ke berbagai kursus lain yang ditawarkan oleh upgrade dalam pemasaran media sosial.

Jika Anda ingin menjelajahi dan menjadi ahli dalam pemasaran digital, lihat Program Sertifikat Pemasaran Digital Mica dan Upgrad. Menjadi ahli dalam pemasaran media sosial, pemasaran konten, branding, analisis pemasaran, dan PR.

Back to top button