BEST SOCIAL MEDIA MARKETINGBot Sosial Media Populer

Apa perbedaan antara penjualan dan pemasaran?

SMMPANELINDONESIA.COM, SMM PANEL INDONESIA – TERBAIK – TERPERCAYA – TERMURAH

Dunia menyaksikan era kapitalisasi. Semuanya datang dengan label harga di atasnya. Ada iklan untuk berbagai macam produk dan layanan di sekitar kita dan kita tergoda untuk mencobanya setidaknya sekali.

Meskipun mungkin tidak menarik perhatian semua orang, ada mekanisme yang mendalam di balik seluruh proses penciptaan permintaan dan kepuasan. Ada strategi dan kekuatan bekerja sama terus-menerus untuk membuat produksi dan distribusi mungkin. Penjualan dan pemasaran kebetulan berada di antara mereka.

Meskipun penjualan dan pemasaran tidak terpisah, ada perbedaan signifikan di antara mereka. Dan bagi siapa saja yang ingin mengambil peran penjualan/pemasaran, sangat penting untuk memahami nuansa dan perbedaan mereka.

Apa itu Sales?
Proses transaksi antara pembeli dan penjual di mana penjual memberikan produk atau jasa kepada pembeli dan pembeli memberikan sejumlah uang sebelum diputuskan atau sesuatu yang sama sebagai imbalan kepada penjual disebut sebagai “penjualan.”

Tujuan penjualan:

Untuk meningkatkan pendapatan perusahaan dengan meningkatkan penjualan produk.
Untuk membawa pelanggan baru dan bekerja mempertahankan pelanggan yang ada.
Untuk meningkatkan proses penjualan dengan mengadopsi praktek trending, otomatisasi, dan melakukan penelitian yang rajin.
Untuk meningkatkan cross-sells dan up-sells dengan memantau secara teratur database perusahaan untuk kesempatan.
Untuk meningkatkan produktivitas perwakilan penjualan dengan berfokus pada mengurangi waktu siklus dan memaksimalkan tingkat kemenangan.
Apa itu Marketing?
Pemasaran mengacu pada kolaborasi kegiatan yang berbeda yang merangkul bisnis untuk meningkatkan kesadaran merek dan penjualan produk/jasa mereka sekaligus meningkatkan hubungan merek pelanggan.

Tujuan pemasaran:

  • Untuk meningkatkan penjualan produk dan jasa baru.
  • Untuk meningkatkan keuntungan perusahaan.
  • Untuk mengembangkan kesadaran akan bisnis.
    Untuk memaksimalkan generasi memimpin.
  • Untuk meningkatkan hubungan produktif dengan pelanggan baru dan yang sudah ada dan karenanya, meningkatkan loyalitas.
  • Untuk meningkatkan lalu lintas di situs web dan platform digital lainnya, dengan demikian, meningkatkan kehadiran digital.
  • Untuk menghemat waktu dan biaya.
    Termasuk pasar baru.
  • Perbedaan antara Penjualan dan Pemasaran Ini mungkin membingungkan bagi orang awam tapi siapa pun dapat membedakan antara penjualan dan pemasaran jika mereka memiliki pemahaman yang sedikit lebih dalam tentang bagaimana fungsi bisnis.

TAUTAN SERVER:

SMM PANEL INDONESIA
SMM PANEL TERBAIK
SMM PANEL TERPERCAYA
SMM PANEL TERMURAH
SMM PANEL NO #1

Sangat mudah untuk memahami apa yang mewakili penjualan dan pemasaran ketika kita melihat masing-masing secara terpisah. Sekarang, kita akan memanjakan diri dalam analisis komparatif keduanya!

1. Maknanya
Istilah “penjualan” persis seperti apa kedengarannya. Ini berarti untuk memberikan sesuatu atas nama menerima sesuatu. Di sini, ada dua pihak yang terlibat — pembeli dan penjual. Ada dua unsur yang terlibat juga — produk atau jasa yang sedang dijual dan uang atau sesuatu yang bernilai sama yang ditawarkan.

Penjual menjual produk atau jasa dalam pertukaran untuk uang atau hal yang sama nilainya dengan pembeli.

Di sisi lain, pemasaran adalah semua tentang mempromosikan penjualan. Hal ini tidak terbatas pada satu kegiatan; memainkan beberapa peran untuk mempromosikan penjualan. Pemasaran dimulai dengan merasakan apa yang dibutuhkan pelanggan dan berakhir dengan aman dan memuaskan permintaan mereka.

2. Fokusnya
Sebuah tim penjualan didorong oleh kebutuhan bisnis. Jika bisnis membutuhkan lebih banyak aliran uang tunai, tim penjualan akan melakukan segala sesuatu dalam kekuatannya untuk membuat hal itu terjadi.

Pemasaran berfokus pada kebutuhan pasar. Tim mempelajari pasar dan tuntutan pelanggan dengan ketat dan mengkomunikasikan temuan kepada manajer dan eksekutif senior yang kemudian mengambil keputusan yang diperlukan.

3. Orientasinya
Penjualan selalu berorientasi pada produk/jasa. Hal ini karena tujuan utama di sini adalah untuk meningkatkan penjualan layanan atau produk tertentu.

Pemasaran lebih berorientasi pada pelanggan. Hari ini, ketika merek semakin menjadi sentris pelanggan, sangat penting untuk memberikan pengalaman pelanggan bintang dan produk berkualitas. Pemasaran membantu mempromosikan produk merek kepada target audiens dan meningkatkan kepuasan pelanggan mereka secara keseluruhan.

4. Siklus Hidup
Durasi penjualan singkat. Sebuah tim penjualan didorong untuk mengurangi siklus hidup penjualan. Seperti yang kita katakan sebelumnya, penjualan sangat berorientasi pada produk. Jadi, tim penjualan hanya berfokus pada tugas-tugas tertentu yang berhubungan dengan penjualan yang berlangsung untuk jangka waktu singkat.

Pemasaran, di sisi lain, adalah urusan jangka panjang. Dari riset pasar hingga layanan after-sales, pemasaran melibatkan banyak bagian yang bergerak.

5. Metodologinya
Penjualan mengambil pendekatan terpecah-pecah karena fokus utamanya adalah untuk menjual segala sesuatu yang telah diproduksi.

Pemasaran memilih pendekatan yang lebih terintegrasi. Hal ini tidak hanya peduli tentang menjual semua yang telah diproduksi tetapi juga berfokus pada memuaskan tuntutan dan persyaratan konsumen. Ini mengintegrasikan segala sesuatu dari objek bisnis ke keinginan konsumen.

6. Targetnya
Penjualan menargetkan individu atau sekelompok kecil orang karena itu adalah jumlah maksimum orang yang dapat difokuskan pada penjualan tradisional pada periode waktu tertentu.

Pemasaran bertujuan untuk menciptakan jaringan yang jauh dan luas untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial dan memperluas jangkauan organisasi ke basis penonton yang lebih luas.

7. Hubungan
Anggota tim penjualan mempertahankan hubungan satu-ke-satu dengan pembeli mereka karena itu jumlah maksimum orang mereka dapat berkonsentrasi pada saat menjual sesuatu, baik itu produk atau jasa.

Pemasaran memiliki hubungan satu-ke-banyak karena membaca kebutuhan seluruh pasar dan bekerja pada memuaskan mereka sambil menguntungkan merek.

8. Ruang Lingkupnya
Cakupan penjualan terbatas pada penjualan produk sementara memaksimalkan keuntungan. Ini adalah kegiatan tunggal dengan tujuan tunggal.

Ruang lingkup pemasaran sangat luas. Ini melibatkan penjualan, iklan, dukungan pelanggan, layanan after-sales, antara lain. Dan masing-masing kegiatan ini sama pentingnya dengan yang lain.

9. Tekniknya
Meskipun penjualan hanya terdiri dari satu kegiatan, ada beberapa cara untuk meningkatkan itu.

Ini bisa melalui:

Diskon
Penawaran khusus
Promosi harga, antara lain
Namun, sebuah tim penjualan diinstruksikan untuk menjaga diskon dan penawaran agar tidak mempengaruhi margin keuntungan yang sangat besar.

Dengan pemasaran, hanya ada satu teknik meskipun mencakup sejumlah strategi dan tugas. Idenya adalah untuk menumbuhkan persamaan yang saling menguntungkan dengan pembeli dengan mengintegrasikan kebutuhan dan keinginan merek dengan orang-orang dari pelanggan.

10. Tujuannya
Penjualan memiliki satu tujuan dan itu adalah untuk memaksimalkan keuntungan dengan meningkatkan penjualan. Hal ini mencerminkan tujuan dan kepentingan bisnis.

Pemasaran bertujuan untuk memaksimalkan keuntungan merek bersama dengan memuaskan kebutuhan pelanggan. Idenya adalah untuk menciptakan citra merek yang berkelanjutan.

11. Tujuannya
Tujuan utama penjualan adalah untuk mengubah pembeli potensial menjadi pembeli akhir.

Pemasaran memiliki tujuan untuk mencari tahu apa yang pelanggan butuhkan dan kemudian menciptakan produk dan layanan yang dapat dijual untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

12. Keahlian yang Dibutuhkan
Untuk masuk ke dunia penjualan, seseorang harus memiliki keterampilan percakapan yang sangat baik dan persuasi yang kuat dan kekuatan negosiasi.

Profesional pemasaran harus mahir dalam riset pasar. Mereka juga harus memiliki soft skill analitis, media sosial, manajemen proyek, otomatisasi, dan CRM (customer relationship management).

13.Peraturan Diikuti
Aturan Cavaat Emptor diikuti dalam penjualan. Ini menyiratkan bahwa terserah pembeli untuk memastikan kualitas suatu produk, cacat (jika ada), dan instruksi garansi sebelum melakukan pembelian.

Cavaat Venditor diikuti dalam pemasaran. Hal ini membebaskan pembeli dari beban karena onus adalah pada pemasok untuk menginformasikan pelanggan kualitas produk atau menutupi produk di bawah garansi jika situasi seperti itu muncul.

14. Operasi
Proses penjualannya sederhana – transaksi dilakukan antara pembeli dan penjual.

Pemasaran lebih tentang identifikasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan.

Kesimpulan
Untuk setiap organisasi, penting bahwa baik penjualan dan tim pemasaran bekerja sama untuk menarik lebih banyak lead dan pendapatan. Seperti penelitian baru-baru ini, perusahaan yang tim pemasaran dan penjualannya bekerja sejajar satu sama lain menyaksikan pertumbuhan pendapatan 20%. Sedangkan perusahaan yang tidak memastikan ini mengalami penurunan 4% pendapatan mereka.

Jika Anda baru saja memulai karir di bidang penjualan, ada banyak hal yang perlu Anda pelajari untuk meningkatkan keterampilan manajemen Anda sepanjang jalan. Untungnya, ada program online yang telah membuat ini lebih mudah dari sebelumnya. Program PG UpGrad di Manajemen, Spesialisasi Penjualan dan Pemasaran Digital tidak hanya terbatas pada memberikan keterampilan penjualan dalam permintaan dan pelatihan langsung. Hal ini juga mempersiapkan bercita-cita profesional muda untuk kesempatan kemajuan karir.

SMM PANEL INDONESIA
Deskripsi singkat: SMMPANELINDONESIA.COM Merupakan Situs/Website Berita & Informasi Pengetahuan Tentang SEO, Digital Marketing, Digital Branding & Platform Bisnis Sosial Media Marketing Indonesia Terbaik – Terpercaya & Termurah – SMM Panel Indonesia | Terbaik – Terpercaya & Termurah

Back to top button

Adblock Detected

Dukung Kami Dengan Tidak Mengaktifkan Adblock Atau Pemblokiran Iklan, Agar Kami Eksis Dalam Membagikan Konten & Bot Bisnis/Sosmed Terupdate.Mohon Dukungannya. Terima Kasih.